SERVICE COLD STORAGE SOLO

SPESIALIS COLD STORAGE SOLO SURAKARTA ( JAWA TENGAH ) 

Servis cold storage di solo,Spesialis Cold storage di solo,Perawatan Cold storage Solo,Service Cold storage di solo,Instalasi Cold storage di solo,Pembuatan Cold room Solo,Servis Cold room di solo,Pengadaan cold room Solo,Service Cold storage di Boyolali,Service cold storage di Sukoharjo,Service cold storage di Klaten,Service cold storage di Karanganyar,Service cold storage di Sragen,Perawatan cold storage di solo,Perawatan cold storage di Sukoharjo,Perawatan cold storage di Boyolali,Perawatan cold storage di Klaten, Perawatan cold storage di Sragen,Perawatan cold storage di Karanganyar,Pembuatan dan instalasi cold storage Solo,Perakitan cold storage di solo,






PENGERTIAN DASAR COLD  STORAGE 

Apa itu cold storage? Apa fungsi cold storage? Apa keuntungan menggunakan cold storage?

Cold storage adalah suatu ruangan yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan bisa beroprasi pada suhu tertentu.





COLD STORAGE Container atau Cold room adalah suatu ruang penyimpana atau gudang yang di rancang kusus untuk bisa beroprasi pada suhu tertentu guna untuk menjaga produk agar tetap segar / fresh, Pada umumnya Cold storage juga di bedakan di beberapa jenis berdasarkan spesifikasi , ukuran, dan kegunaanya. Simak terus pembahasan kami sampai akhir ya...!!! 

APA ITU COLD STORAGE CONTAINER ??

Secara umum pengertian COLD STORAGE adalah sebuah ruangan / gudang penyimpanan barang / produk dalam kondisi suhu rendah, bahan / produk yang sudah beku atau barang atau produk yang  memerlukan suhu tertentu dengan jumlah yang banyak  untuk di simpan. Perlu menggunakan COLD STORAGE agar kwalitas produk tetap terjaga. 

Ada berapa alasan kenapa dewasa ini semakin banyak orang membutuhkan fasilitas penyimpanan dengan pendingin salah satunya antara lain yaitu untuk  mempertahankan kesegaran produk sehingga memiliki umur simpan lebih panjang terlebih pada negara yang beriklim tropis seperti negara kita INDONESIA,

COLD STORAGE atau gudang penyimpanan bersuhu dingin biasanya di bangun sesuai dengan luas lokasi bangunan tersebut. 
Namun bagi anda pembisnis pemula atau pengusaha yang lagi merintis dari awal, Anda tidak perlu membangun bangunan ruangan berpendingin , Sebagai alternatifnya anda bisa menggunakan layanan sewa cold storage, 

Penyimpanan dingin umurnya banyak di manfaatkan untuk industri es krim / ice cream, daging, perikanan, pertanian, hingga bidang kesehatan, Berikut ini merupakan penjelasanya  lebih lengkap terkait penggunaan cold storage

CONTOH PEMANFAATAN COLD STORAGE. 





1. PEMANFAATAN PENYIMPANAN DAGING IKAN SEA FOOD. 

Seperti yang kita ketahui daging atau ikan merupakan salah satu komunitas yang memiliki umur pendek yang mudah membusuk atau rusak, Agar ikan atau daging tetap terjaga nutrisinya ,  jika di simpan pada suhu yang dingin maka nutrisi dan tekstur akan tetap terjaga maka dari itu di butuhkan ruangan yang bersuhu rendah. 

Kondisi ruangan penyimpanan yang memiliki suhu rendah , selain menjaga nutrisi dan tekstur daging / ikan, sea food  frozen food, dan lain lainya, suhu dingin juga menjaga terhindar dari bakteri atau mikroba yang berkembang biak sehingga daging, ikan, bahan makanan lainya terhindar dari busuk, basi. Dalam tempat penyimpanan atau cargo pengiriman. 

2. TEMPAT PENYIMPANAN BUAH DAN SAYURAN. 

Sama seperti daging dan bahan makanan yang lainya Sayur dan buah juga butuh penyimpanan yang dingin agar kwalitas sayur dan buah buahan tetap segar dan tidak rusak apalagi busuk. Maka dari itu di butuhkan ruangan penyimpanan yang bersuhu rendah. 
Banyak jenis mesin pendingin penyimpanan dari sekala industri, bisnis dan rumah tangga. Untuk industri di butuhkan cold storage, untuk bisnis freezer, showcase, chiller, untuk rumah tangga kulkas. 

3. UNTUK MENYIMPAN BAHAN INDUSTRI. 

Tahukan anda jika ada beberapa bahan baku industri yang memerlukan kondisi suhu tertentu agar tidak rusak. Sebagai yaitu bahan baku farmasi, Suhu penyimpanan obat dapat mempengaruhi sifat stabilitas bentuk dan kwalitas obat tertentu. Selain itu pada suhu tida sesuai juga bisa mempengaruhi efek kandungan zat aktif dalam obat. Akibatnya struktur obat dapat berubah dan berpotensi obat obatan menjadi kurang manjur. 

4. TEMPAT PENYIMPANAN VAKSIN. 

Infrastuktur cold storage saat ini juga banyak di butuhkan untuk memudahkan distribusi vaksin covid 19 . Vaksin termasuk produk yang memerlukan tempat penyimpanan suhu rendah yang stabil baik pada saat proses penyimpanan atau pengiriman, terutama pada saat pengiriman di butuhkan cold storage container untuk menjaga tekstur kualitas vaksin tersebut. 

JENIS JENIS COLD STORAGE. 




Berdasarkan spesifikasinya dan ukurannya dan kemampuan suhu yang di hasilkan cold storage dan mengatur suhu. Cold storage yang berbeda. Maka bisa kita simpulkan cold storage ada tiga jenis. Adapun jenis tersebut yaitu : cold storage blas / flash freezer hingga chiller container. 

1 BLAST FREEZER / BLASH FREEZING / FLASH FREEZER. 

Blas freezer container adalah jenis cold storage yang mampu menghasilkan suhu berkisar dan mampu menjaga suhu - 40°© sampai dengan - 30°©.
Hasil maksimum mencapai - 60°© dalam waktu singkat. Tehnologi ini di sebut BLASH freezer / fast freezer atau pembekuan cepat. Tujuanya menggunakan fast freezer / blash freezer / pembekuan dalam ruangan yaitu agar barang yang di simpan dalam ruangan penyimpanan terhindar dari bakteri. Sehingga barang yang di simpan tidak mudah busuk atau rusak. 

2. FREEZER ROOM. 

Memiliki fungsi utama untuk ruang / gudang penyimpanan barang atau produk terlebih dahulu, di bekukan dalam ruangan tersebut . Freezer room mampu mendinginkan ruangan hingga - 18 °© sampai - 25°© penyimpanan seperti ini biasanya di gunakan untuk menyimpan frozen food dan makanan siap saji lainya. 
Dengan menggunakan tempat penyimpanan jenis ini anda dapat menyimpan frozen food dan produk lainya hingga 2 bulan sampai 6 bulan. Untuk penyimpanan daging  / ikan / seafood mampu bertahan hingga 12 bulan. 

3. CHILLER ROOM. 

Chiller room container merupakan ruang penyimpanan yang mana suhu yang di hasilkan -8°© sampai 0°© ke gunakan chiller room pada umumnya untuk penyimpan bahan yang tidak perlu pembekuan. Misal untuk menyimpan buah buahan dan
 sayuran dan bahan lainya yang perlu suhu dingin tapi tidak memerlukan pembekuan. 

Itulah pembahasan tentang cold storage container beserta komponen pendukung cold storage, fungsi cold storage, cara merawat cold storage. 

KOMPONEN KOMPONEN PADA COLD STORAGE. 

KAMAR DINGIN PINTU. 





Dinding ruangan / kamar terbuat dari bahan kokoh kuat dan rapat. Agar suhu dingin yang ada dalam ruangan tidak terbuang dan tersimpan rapat di dalam ruangan . Pintu cold storage juga harus terbuat dari bahan kuat dan rapat. 

PANEL PLAFON DAN DINDING. 



Panel dinding dan plafon pada cold storage harus kuat dan anti korosi. Seperti stainless dan alumunium, Bahan ini dapat mencegah kerusakan cool room akibat korosi karena lemban. 

SISTEM PEMANTAU DAN PENGATURAN SUHU. 





Sistem pemantauan dan pengaturan suhu pada cold room sangan penting untuk menjaga suhu dingin dalam COLD STORAGE / COOL ROOM CHILLER, Agar tetatap setabil. Dan sesuai dengan ketetapan sistem. Hal ini terjadi karena dari sensor suhu ternostate dan contoler suhu. 

KONDENSOR. 

Kondensor adalah bagian pada mesin pendingin yang berfungsi sebagai pengubah kalor / panas dari sistem refrigerasi media pendingin yang di gunakan Pada kondensator uap atau gas refrigerasi yang memiliki tekanan tinggi dan temperatur tinggi, Selanjutnya panas yang dihasilkan oleh kondensator, kemudian di serap oleh media yang di gunakan sebagai kondensasi seperti air atau udara. Sehingga uap refrigerant mengembun dan jadi dingin. 

Kondensator pada cold storage chiller ada 3 jenis yaitu:

- Air Cooled Condensor. Kondensor yang menggunakan pendingin udara. 
- Water Cooled Condensor:
Kondensor yang menggunakan pendingin air. 
- Evaporative Condensor: kondensor yang menggunakan pendingin air dan Udara

EVAPERATOR. 


Kondensor dan EVAPERATOR adalah 2 komponen yang penting pada sisyem pendinginan cool room. Kondensor berfungsi sebagai pembuagng udara panas dalam cool room ke lingkungan sekitarnya mengunakn batuan dan blower pada setiap sisi kondensor di bantu oleh dan blower. Sementara kinerja EVAPERATOR menarik udara panas pada ruangan cool room dan EVAPERATOR menjaganya agar kondisi dingin tetap terjaga. 
Fungsi utama pada evaporator yaitu :
- Air Cooled
- Liquid Cooled
- Evaporator juga bisa membuat Es langsung. 

PIPA PENDINGIN




Pipa pendingin adalah jalur pipa sirklone freon dalam system pengaliran refrigerat. Dalam system pendinginan Cold room. Pipa ini terbuat dari baha han yang tahan dari terhadap suju rendah dan korosi

KOMPRESOR




Compressor adalah berfungsi sebagai bagian yang menempatkat refrigerat dan berfungsi sebagai pendorong sirkulasi freon pada jalur sirkulasi kondensor. Kompres tersebut dapat bisa di gerakkam. Menuju ruang refrigerasi

Jenis kompresor pada cold storage CHILLER cold room dapat di bedakan jadi beberapa jenis menurut Mekanisme gerakanya berikut adalah beberapa jenis kompresor . Adapun jenisnya yaitu:

- Reciprocating Compressor
- Twin Screw Compressor
- Rotary Compressor
-  Centrifugal Compressor. 

KATUB EXPANSI

Katub expansi pada mesin CHILLER befungsi untuk mengatur tekanan refrigerat. 
Melalui katub expansi ini terjadi perubahan hight pressure menjadi low pressure. Selain itu katub expansi juga berfungsi untuk mengontrol refrigerat yang masuk ke evaperator. Bagian ini merupakan tempat untuk pendinginan evaporator. 
Ada 6 alat pengontrol aliran refrigerat adapun alat tersebut yaitu
-  Capillary tube / Choke tube
- Thermo static Expansion Value. 
- Automatic Expansion Value
- Hand Operator Needle Value
- Low Pressure Side Value
- High Pressure Side Value.

Selain empat komponen utama yang terdapat pada COLD STORAGE, CHILLER, COLD ROOM. Ada beberapa komponen yang perlu anda pahami, adapun komponen pengaman dan pengontrol tersebut antara lain yaitu:
- Sigh Glass. 
- HP / LP Switch. 
- Filter Dryer. 
- Ternostate. 
- Selenoid Value. 
- Vibration Eli minat orang. 

FUNGSI COLD ROOM / COLD STORAGE, CHILLER. 

Fungsi utama dari cool room / cold storage adalah untuk menyimpan makanan / bahan makanan siap saji dalam jumlah besar dengan suhu yang rendah dan stabil. Fungsi ini sangat penting untuk menjaga kualitas dan kesegaran sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. 
Selain itu cold room juga memiliki beberapa fungsi yang lain, di antara nya yaitu :

1. Menghindari pertumbuhan Bakteri dan jamur. Dengan menyimpan makanan pada suhu rendah di dalam cold storage pertumbuhan bakteri dan jamur dapat di hambat. Hal ini jadi sangat membantu dalam menjaga kesegaran dan kualitas makanan dan bahan makanan siap saji yang di simpan dalam cold storage / cold room. 
2. Menghemat biaya dengan menggunakan cold storage/ cold room makanan dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama  dan makanan pun tidak kehilangan kualitas dan kesegaranya. Hal ini sangat membantu menghemat biaya dalam membeli makanan juga bahan makanan. 
3. Meningkatkan efisiensi produksi dalam industri makanan. Dengan menyimpan bahan makanan dalam jumlah yang besar dalam cold room / cold storage, produksi makanan jadi bisa di produksi dengan banyak dalam waktu yang singkat. 
4. Memastikan stok penyediaan makanan dan bahan makanan dalam produksi jadi tidak terbatas atau kekurangan karena untuk cold storage mampu menyimpan makanan dalam jumlah yang sangat banyak. 

CARA MERAWAT COOL STORAGE. 

agar cool room anda, bisa bekerja secara maksimal dan isi bahan di dalam cold storage tetap terjaga dan terjamin kualitasnya, Cold storage CHILLER cold room butuh perawatan agar tetap fit kinerjanya. Langkah perawatanya yaitu:

MEMBERSIHKAN COLD ROOM / COLD STORAGE / CHILLER

Lakukan pembersihan secara rutin pada dinding, lantai, Pintu cold storage secara rutin agar debu / kotoran yg menempel pada ruangan cold storage yang mengakibatkan kualitas barang yang di simpan menjadi rusak. 

MENJAGA SUHU IDEAL. 

Pastikan suhu di dalam cold storage selalu sesuai dengan kebutuhan dan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi. Hal ini dapatdapat mengurangi konsumsi listrik dan memperpanjang usia komponen pada cold storage cold cold room anda. 

MEMERIKSA KOMPONEN PADA COLD STORAGE SECARA RUTIN. 

Lakukan pemeriksaan rutin pada sistem sirkulasi pada cold room anda secara rutin. Dari pemeriksaan ringan hingga pemeriksaan berat secara rutin. Pada Pintu, plafon, dinding, kompresor, Evaporator, Pengaturan suhu, Kondensor, pipa pendingin DLL . 

Apabila anda kesulitan dalam perawatan dan perbaikan COLD STORAGE , CHILLER , COLD ROOM. Perkenalkan kami dari ZONA TECHNIC Pelayanan INSTALASI / PERAKITAN COLD STORAGE, COLD ROOM, CHILLER, di solo. Selain kami melayani perakitan, kami juga melayani PERAWATAN Berkala, SERVIS / PERBAIKAN COLD STORAGE, COLD ROOM, CHILLER. ZONA TECH SPECIALIS COLD STORAGE CHILLER COLD ROOM sudah sangat berpengalaman dalam menangani semua masalah pada Cold storage, Cold room, Chiller, ZONA TECHNIC berdiri sejak tahun 2007 secara tehnik maupun mekanis sudah bisa di bilang berpengalaman.




ZONA TECHNIC SPESIALIS COLD STORAGE, COLD ROOM 

Di dukung oleh para tenaga ahli profesional berpengalaman yang mana telah berpengalaman di semua jenis kerusakan pada sistem pendingin COLD STORAGE, COLD ROOM, CHILLER. 
ZONA TECHNIC Bersedia hadir di seluruh wilayah Jawa Tengah tanpa terkecuali. Adapun Area layanan kami meliputi:

*AREA LAYANAN JASA KAMI- AREA LAYANAN JASA KAMI-AREA LAYANAN JASA KAMI-AREA LAYANAN JASA KAMI*

Adapun Area layanan jasa kami di wilayah Surakarta meliputi 
SOLO SURAKARTA, 
Servis cold storage di solo, Servis cold storage wilayah solo, Servis cold storage terdekat solo, Perawatan Cold storage di Solo Surakarta, Instalasi cold storage di solo, Perakitan cold storage di solo, Servis cold storage di wilayah kecamatan Banjarsari, Servis cold storage di Banjarsari, Perawatan cold storage di Banjarsari, Servis cold storage di Laweyan, Pembuatan cold storage di Laweyan, Perawatan cold storage di Laweyan, Servis cold storage di Serengan, Perawatan cold storage di Serengan, Servis cold storage di Jebres, Perawatan cold storage di Jebres, Perakitan cold storage di Jebres, Perbaikan cold storage di Jebres, Pengadaan cold room solo, Servis cold room solo, Perawatan cold room solo, 

Area layanan jasa perbaikan, Perawatan, Pengadaan Cold storage di wilayah Kabupaten SUKOHARJO meliputi:
Kartasura, Grogol, Baki, Mojolaban, Bendosari, Weru, Tawangsari, Bulu, Nguter, Mojolaban, Tawangsari
BOYOLALI, 
KARANGANYAR, 
SRAGEN, 
KLATEN,





Postingan populer dari blog ini

SERVIS KULKAS TERDEKAT DI KARTASURA

JASA SERVIS KULKAS DI SOLO BERGARANSI

SERVICE KULKAS DI COLOMADU

SERVICE KULKAS DI BANJARSARI SURAKARTA TERBAIK

SERVICE KULKAS DI LAWEYAN